Pele: Ini Menyedihkan untuk Afrika

Legenda sepak bola asal Afrika, Abedi ‘Pele’ Ayew mengaku sangat sedih karena absennya lima negara besar di Afrika dalam Piala Afrika 2012. Aljazair, Kamerun, Mesir, Nigeria dan Afrika Selatan tak ikut karena penampilan buruk dan persoalan internal masing-masing tim.

“Ini menyedihkan, benar-benar menyedihkan karena mereka adalah negara-negara dengan nama besar dalam sepak bola yang membawa gairah untuk persepakbolaan di seluruh Afrika,” katanya seperti dikutip oleh AFP.

Mantan gelandang asal Ghana itu mengatakan absennya negara-negara legenda sepak bola ini tentu akan membuat gengsi laga menjadi menurun. Menurutnya, negara-negara kecil juga makin mengincar kemenangan atas negara-negara besar yang ikut, seperti Pantai Gading, Ghana dan Senegal.

“Jika Anda mengalahkan Mauritania untuk memenangi Piala Afrika, itu tidak akan sama seperti mengalahkan Aljazair, Kamerun, Mesir, Nigeria, atau Afrika Selatan untuk memenanginya. Walau demikian, piala tetaplah piala. Jika Anda mampu mengangkat Piala Afrika, itu artinya Anda bekerja keras untuknya dan Anda harus berkorban begitu banyak,” ungkap pemain terbaik Afrika di tahun 1991-1993 ini.

Revolusi di Arab dan loyalitas buta terhadap pemain bintang tua menyebabkan Mesir gagal. Afrika Selatan hanya berada di peringkat kedua klasemen grup di belakang Niger. Mereka hanya bermain imbang melawan Sierra Leone pada saat kemenangan amat dibutuhkan.

Aljazair memulai babak kualifikasi dengan buruk karena hanya mampu memperoleh satu angka dari kemungkinan enam angka saat menghadapi Tanzania dan Republik Afrika Tengah. Meskipun dua kali melakukan pergantian pelatih, mereka tetap tidak mampu melampaui Maroko.

Tim Kamerun didera perselisihan antarkubu pemain. Akibatnya, mereka harus kebobolan saat melawan Senegal dan kapten tim, Samuel Eto’o, gagal memasukkan tendangan penalti. Sementara itu, Nigeria membuntuti Guinea dari putaran pertama dan menyia-nyiakan kesempatan untuk menjadi salah satu tim peringkat kedua terbaik. Mereka mengakhiri pertandingan dengan skor imbang sehingga harus kehilangan tiket ke Piala Afrika 2012.

Tentang creativeworldnews

kreatif,imajinatif dan aktif
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s